Bismillah semoga blog ini menjadi media yang bermanfaat bagi saya sendiri dan orang lain yang membutuhkan....

Serombenan..

Sunday, May 22, 2016

Memperbaiki Bunyi Tek-Tek Motor Mega Pro 2006

Tidak biasanya, dua hari kemarin saya tidak menggunakan motor untuk pergi kantor. Keesokan malam harinya, saya memutuskan untuk menggunakan motor.

Kuambil motor yang diparkir di parkiran kosan-kosan bawah, lalu kunyalakan mesinnya dengan starter manual kaki. Heran ada bunyi tek-tek kenceng sekali di bagian kanan block mesin. Dengan rasa penasaran, saya coba nyalakan lagi dan suara itu makin menggangu. Akhirnya saya putuskan untuk tidak menyalakan motor pada malam itu.

Setelah hari minggu, saya putuskan kembali untuk menyalakan, berharap ada keajaiban suara yang mengganggu tersebut hilang, namun setelah kunyalakan mesinnya dan kucuba mengendari beberapa ratus meter mengarah ke bengkel motor, suaranya makin kenceng. Kekhawatiranku, apabila kulanjutkan untuk menyalakannya, pasti ada yang rusak nantinya. Akhirnya, saya putuskan untuk mendorongnya ke bengkel motor terdekat.

Setelah sesampainya di bengkel, bengkel masih tutup. Namun antrian sudah mengekor, untungnya saya berada di antrian kedua. Setelah satu jam menunggu bengkel buka, montir segera menanyakan keluhan pemakaian motor mega pro ini. Lalu, saya bilang "coba aja mas dinyalakan mesinnya, pasti tahu apa keluhannya". Lalu dia menjawab "baik mas, silahkan ditunggu akan kami cek kerusakannya". Hmmmph, kurang lebih setelah 1 jaman menunggu, montir membongkar blok mesin kiri dan tidak menemuka masalahnya, karena pada service terakhir dilakukan penggantian rantai kamprat mesin, dikira kerusakan dari sana. Namun bukan, setelah dibongkar blok sebelah kiri, Alhamdullillah sumber masalahnya terjawab, Kabel RPM tidak bekerja semestinya alias rusak, kabel RPM tidak bisa berputar. Hal itulah yang mengakibatkan gear RPM tidak berjalan dengan baik, dan saling bergesekan antar gear.

Alhamdulillah setelah tahu kerusakannya, saya sebagai pemakai kendaran sedikit lebih tahu sebab dan akibatnya adanya bunyi tek-tek pada motor Mega Pro keluaran 2006 ini. Semoga tidak ada kerusakan yang aneh-aneh pada motor ini, Aaamiin.
Share:

0 comments:

Post a Comment

tenvictory company. Powered by Blogger.

Tentang Penulis

My photo
Hai, para pencari ilmu teruslah bergerilya di pelosok-pelosok ladang ilmu untuk mencari keridhoan-Nya