Bismillah semoga blog ini menjadi media yang bermanfaat bagi saya sendiri dan orang lain yang membutuhkan....

Serombenan..

Friday, June 25, 2010

REFLEKSI DIRI untuk awal yang baru....

Bagaimana jika setelah berusaha dan berdoa kita tetap gagal? Pertanyaan yang mungkin tidak enak didengar, tapi perlu ditelaah lebih lanjut.
Perlu diyakini sekali lagi bahwa doa yang dipanjatkan seseorang hamba kepada khaliqnya pasti didengar. Ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi ketika kita berdoa :
1. Segera dikabulkan. Kemungkinan ini yang secara subyektif sangat kita harapkan.
2. Disimpan oleh ALLAH sebagai tabungan pahala untuk di akhirat nanti.
3. Doa kita dijadikan ALLAH sebagai perangkat pelindung kita dari segala marabahaya.


Ketiga kemungkinan diatas jelas sekali disabdakan oleh Rasullah SAW :

“Tidak ada seorang muslim pun yang berdoa dengan suatu doa yang bukan menyangkut dosa dan menyangkut usaha memutuskan tali silahturahmi kecuali ALLAH akan memberinya salah satu dari tiga kemungkinan : segera dipenuhi-Nya doa tersebut dari tiga kemungkinan : segera dipenuhi-Nya doa tersebut atau disimpan-Nya sebagai simpanan pahala di akhirat, atau dihindarkan-Nya dia dari kecelakaan/kejelekan yang sebanding”
(HR Ahmad, Bazzar, Abu Ya’la, dan Hakim)

4. Soal waktu (ditunda sementara oleh ALLAH).

“Tidak ada seorang muslim pun yang menghadapkan mukanya kepada ALLAH dan berdoa, kecuali ALLAH memberikannya (memenuhinya), kadang dipercepat, kadang diperlambat”
(HR Ahmad dan Hakim)

5. Mungkin belum/tidak dikabulkan karena hal itu akan berdampak buruk bagi kita. Disinilah seorang muslim diuji kualitas keimanannya. Kadang-kadang secara subyektif kita akan merasa sesuatu hal itu baik, padahal tanpa sepengetahuan kita di kemudian hari hal itu akan berdampak negatif pada diri kita.

Memang secara sunnatullah orang yang memiliki jaminan Indeks Prestasi diri tinggi akan dipermudah pencarian kerjanya nanti. Tapi ini bukan jaminan mutlak. Yang paling penting adalah usaha dan doa kita, kesungguhan kita untuk menggapai hari esok, kesediaan kita untuk selalu melangkah maju bersama ALLAH menuju masa depan nan cemerlang.
Sejenak mari kita simak firman illahi di dalam Al-Quran surat Al-Baqarah 2 ayat 216, yang artinya :
“....boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. ALLAH mengetahui sedang kamu tidak mengetahui”

Semoga tulisan singkat ini menjadi bahan refleksi diri tentang apa yang kita alami sekarang. AMIN.....
Share:

0 comments:

Post a Comment

tenvictory company. Powered by Blogger.

Tentang Penulis

My photo
Hai, para pencari ilmu teruslah bergerilya di pelosok-pelosok ladang ilmu untuk mencari keridhoan-Nya