Bismillah semoga blog ini menjadi media yang bermanfaat bagi saya sendiri dan orang lain yang membutuhkan....

Serombenan..

Monday, August 29, 2011

Apron---Tanggal 26 Juni 2011

Agenda hari ini dimulai dengan meminta ijin ke AMD dan IMC. Sekitar pukul 09.00 AM, saya mengamati proses penataan kargo di Pesawat Terbang Cathy Pacific. Pesawat ini termasuk pesawat weight yang memiliki kapasitas besar, berbeda dengan pesawat narrow yang memiliki body dan kapasitas yang kecil. Secara umum proses penataan kargo ke pesawat weight (Cathy Pacific) menggunakan pallet serta kargo berbentuk kontainer. Sedangkan kargo yang biasa dikirim mengunakan kereta (ukuran koli), biasa dikirimkan melalui pesawat narrow.
Pada pesawat weighted, penataan dilakukan oleh petugas airline yang bersangkutan. Penataan sudah terautomasi dengan menggunakan lintasan rel serta pallet tersendiri. Inilah perbedannya dengan penataan kargo di pesawat narrow, yang dilakukan manual oleh porter airline. Pengisian dan penataan kargo, harus seimbang antara bagian depan dan belakang area gudang pesawat. Hal ini dilakukan untuk menyeimbangkan berat pesawat terbang. Oleh karena itu terkadang pesawat terbang yang tidak memiliki cukup muatan, diisi dengan kantong pasir untuk menyeimbangkannya.
Pada hari itu, ada kejadian yang menginspirasi untuk dilakukannya kerjasama antar Airline dengan rute jalan yang sejenis. Ceritanya seperti ini, Pesawat Cathy Pacific harus mengirimkan pesawatnya dari Hong Kong (tempat pesawat cathy beroperasi) untuk mengangkut penumpang TKI yang pulang ke Indonesia. Namun pesawat ini tidak bermuatan untuk kembali ke Hong Kong. Dalam hal ini pesawat cathy pacific dinamakan pesawat extra, sehingga memiliki banyak waktu untuk menunggu datangnya muatan yang bisa dikirimkan seperti kargo. Alasan ini akan memperbesar probabilitas untuk pesawat kembali fly off kembali ke Hong Kong. Secara finansial, apabila airline mengirimkan pesawat kargo extra maka pesawat akan rugi karena besarnya biaya yang tidak sebanding dengan pendapatan normal.
Share:

0 comments:

Post a Comment

tenvictory company. Powered by Blogger.

Tentang Penulis

My photo
Hai, para pencari ilmu teruslah bergerilya di pelosok-pelosok ladang ilmu untuk mencari keridhoan-Nya