Pada pesawat weighted, penataan dilakukan oleh petugas airline yang bersangkutan. Penataan sudah terautomasi dengan menggunakan lintasan rel serta pallet tersendiri. Inilah perbedannya dengan penataan kargo di pesawat narrow, yang dilakukan manual oleh porter airline. Pengisian dan penataan kargo, harus seimbang antara bagian depan dan belakang area gudang pesawat. Hal ini dilakukan untuk menyeimbangkan berat pesawat terbang. Oleh karena itu terkadang pesawat terbang yang tidak memiliki cukup muatan, diisi dengan kantong pasir untuk menyeimbangkannya.
Pada hari itu, ada kejadian yang menginspirasi untuk dilakukannya kerjasama antar Airline dengan rute jalan yang sejenis. Ceritanya seperti ini, Pesawat Cathy Pacific harus mengirimkan pesawatnya dari Hong Kong (tempat pesawat cathy beroperasi) untuk mengangkut penumpang TKI yang pulang ke Indonesia. Namun pesawat ini tidak bermuatan untuk kembali ke Hong Kong. Dalam hal ini pesawat cathy pacific dinamakan pesawat extra, sehingga memiliki banyak waktu untuk menunggu datangnya muatan yang bisa dikirimkan seperti kargo. Alasan ini akan memperbesar probabilitas untuk pesawat kembali fly off kembali ke Hong Kong. Secara finansial, apabila airline mengirimkan pesawat kargo extra maka pesawat akan rugi karena besarnya biaya yang tidak sebanding dengan pendapatan normal.
0 comments:
Post a Comment